Kalisuci Cave Tubing 2015

Apa bedanya body rafting dan rafting? Sepengetahuanku perbedaannya ada di kapal yang kita pakai, kalo body rafting pakai ban. Satu ban dipakai satu orang. Kalo rafting lebih seperti arung jeram, menggunakan perahu karet yang diisi 6-7 orang.

Ada objek wisata menarik di pelosok Gunung Kidul, tepatnya Desa Semanu, yaitu Kalisuci Cave Tubing. Di tempat ini kita bisa susur goa dan sungai menggunakan ban. Tentunya dengan didampingi guide. Biaya untuk satu orang adalah Rp 75.000/orang sudah termasuk helm, life jacket, pelindung lutut dan siku, ban, guide, dan teh panas.

Aku dan rombongan datang di waktu dan cuaca yang tepat, yaitu h-1 lebaran dengan cuaca cerah. Dari basecamp kami masih harus berjalan kurang lebih 15 menit menuruni anak tangga untuk mencapai start point susur sungai Kalisuci.

Kalo waktu dan cuaca nggak tepat, yang didapatkan adalah rame dan airnya cokelat. Beruntungnya kami, hari itu sepi dan airnya ijoo.. Sambil nunggu yang lain sampai bawah, curi start dulu nih pemanasan basah-basahan dengan nyemplung dan tak lupa foto-foto. Life jacket wajib hukumnya untuk selalu dipakai, walaupun kita bisa berenang, karena kita nggak tau di bawah air yang tenang dibawahnya ada arus atau tidak.




Susur goa dimulai dengan... loncat indah dari ketinggian 15 meter ke sungai yang cukup dalam. Tentu saja aku memilih mlipir turun jalan kaki. Ahahaha

si Bebeb berani dong terjun bebas


Setelah jalan kurang lebih 45 menit, kita akan sampai di spot yang batunya gede-gede dan biasanya buat foto-foto. Kalau menghendaki, biasanya guide akan mengajak bermain game di spot ini. Tapi kami nggak mau. hehehe


Perjalanan susur goa  selesai dalam 1 sampai 1,5 jam. Jalurnya terbilang pendek tapi seru dan capek juga. Di akhir jalur tempatnya cukup lebar dan dalam untuk berenang-renang dulu. Karena tadi berangkat dimulai dengan turun tangga, pulangnya naik tangga curam banget yang setengah mati capeknya. Hahaha.

Oya, hati-hati sama guide yang suka iseng, kalo medan memungkinkan dan ada kesempatan, siap-siap ban kamu dijungkir balik sampai kamu nyebur. Hahai

Comments

Popular Posts