Kecewa berat dengan GALAXY CELLULAR JOGJA TRONIK UG-26

Kecewa berat dengan GALAXY CELLULAR JOGJA TRONIK UG-26
Tanggal 5 Agustus sekitar jam 19.00 WIB saya ditemani kakak datang ke Galaxy Cellular dengan tujuan membeli gadget baru. Setelah pilih-pilih akhirnya Saya memutuskan membeli Samsung Galaxy Grand di toko tersebut dengan harga Rp 3.300.000,00. Kondisi barang baru dan masih tersegel. Setelah deal dengan membayar, segel dibuka oleh karyawan yang melayani pembelian saya. Cek sana cek sini kondisi oke. Saya dan kakak pulang dengan tidak ada beban. Sampai rumah mulai mengutak atik display dan download aplikasi. Tapi ternyata saya menemukan dot pixel di LCD. Awalnya saya kira dari screenguard, tapi memang titik kecil tersebut berasal dari LCD. Besok siangnya saya kembali ke Galaxy Cellular untuk komplain. Kedatangan kami belum 24 jam dari pembelian malam kemarin. Tapi kami ditolak mentah-mentah. Karyawan yang melayani saya berkata dengan entengnya bahwa itu ada hewan masuk ke LCD. Kalau memang itu hewan, kenapa warna titik yang semula hitam bisa menjadi merah jika dilihat di warna biru? Beberapa saat kemudian kami ditangani oleh Mas-mas yang memakai baju berbeda dari karyawan lainnya. Mungkin dia Manager atau malah Owner Galaxy Cellular. Kami menjelaskan, dia tetap menolak dan langsung menyuruh kami komplain ke Samsung. Kakak bertanya “Bagaimana kalau Anda yang mengganti baru ke kami, dan Anda sendiri yang komplain ke Samsung?” tetap saja kami ditolak. Pokoknya tidak bisa. Kami berdua pergi dengan perasaan kecewa. Langsung turun ke lantai dasar untuk ke Samsung Service Center Jogja Tronik dan ternyata...... tutup. Baru buka tanggal 13 Agustus 2013 karena libur lebaran. Rasanya tambah kecewa. Seminggu dipenuhi rasa kecewa, ternyata dot pixel yang saya temukan tidak hanya 1. Tapi banyak dibagian bawah LCD. Semakin besar harapan saya untuk ditukar unit baru oleh Samsung.
Tanggal 13 Agustus 2013 saya sendirian datang ke Samsung Service Centre di seberang pasar kranggan, Tugu Jogja. Tapi apa yang saya dapat? Ketika saya bertanya apa bisa ditukar unit baru, Mbak-mbak customer service mengatakan “Seharusnya konter HP-nya Mbak yang tanggung jawab menukar, baru mereka klaim penukaran ke kami (Samsung). Kan Mbak komplain belum ada 24 jam, seharusnya bisa ditukar unit baru oleh konter. Kami (Samsung) hanya bisa memberikan servis penggantian LCD”. Nah, kan benar! Saya dan kakak sudah berusaha minta penukaran unit baru di konter, tapi kami ditolak dan melempar tanggung jawab tersebut ke garansi yang diberikan Samsung.
Rasanya kekecewaan saya ini berlipat-lipat ganda. Saya membeli gadget baru yang masih tersegel dengan tujuan mendapatkan barang yang sempurna tidak ada cacat. Tapi yang saya dapat hanya kekecewaan dan kesulitan. Lagi-lagi konsumen yang dirugikan. Lagi-lagi konsumen yang kecewa. Saya tahu di UU Perlindungan Konsumen pasal  7 mengatakan kewajiban pelaku usaha adalah sebagai berikut:
a.       beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya;
b.      memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan;
c.       memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
d.      menjamin mutu barang dan/atau jasa yang diproduksi dan/atau diperdagangkan berdasarkan ketentuan standar mutu barang dan/atau jasa yang berlaku;
e.       memberi kesempatan kepada konsumen untuk menguji, dan/atau mencoba barang dan/atau jasa tertentu serta memberi jaminan dan/atau garansi atas barang yang dibuat dan/atau yang diperdagangkan;
f.       memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan;
g.      memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian
Saya sebagai konsumen sudah beritikad baik dalam melakukan pembelian. Saya membayar dengan tunai tidak kredit ataupun ngutang, tidak mempersulit pelaku usaha dengan penipuan, bahkan saya tidak menawar harga barang tersebut walaupun sekedar bertanya “apa boleh kurang?”. Saya hanya ingin punya gadget baru, tapi apa yang saya dapat? Kerugian baik secara materi dan moril dengan adanya perasaan tertindas dan dikecewakan.
Sekian tulisan saya. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi calon konsumen lain. Tidak ada maksud jelek dengan manjatuhkan nama baik atau yang lainnya. Saya hanya meminta pertanggung jawaban yang semestinya dari pihak yang seharusnya bertanggung jawab. Tulisan ini merupakan ungkapan kekecewaan saya kepada Galaxy Cellular.

KONTAK:
Maria Lydia Prasetyaningtyas

08975841725

Comments

  1. yup saya juga pernah...tp aku pilih diam

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pernah diam untuk sebuah keadilan :)

      Delete
    2. Boom aja sudah wkwkwkwk.. Kl beli mah ditanya garansinya.. Bs replaise tdk...ane malah beli g prnh di buka di tokonya.. Yg pntg ane tnya garansi replaise 24ja...jgn lupa bilg awas lu bohong.. Dah kelar

      Delete
    3. Boom aja sudah wkwkwkwk.. Kl beli mah ditanya garansinya.. Bs replaise tdk...ane malah beli g prnh di buka di tokonya.. Yg pntg ane tnya garansi replaise 24ja...jgn lupa bilg awas lu bohong.. Dah kelar

      Delete
    4. kalo saya langsung ngamuk di tempat...

      Delete
  2. saling lempar tanggung jawab sudah pasti mbak, dan akhirnya konsumen dikecewakan

    kunjung balik ya mbak : www.pojokandigital.blogspot.com

    Matur nuwun

    ReplyDelete
  3. aduuuuh jadi takut ni maau ke jogjatronik. ke toko lain aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Seharusnya sebelum transaksi dijadikan... kita buat perjanjian dulu mbak... terutamanya untuk semua masalah after sales service dan yang lain-lainnya... sepenuhnya adalah tanggung jawab dari counter tersebut... kalau dia tidak mau... yaaa langsung sajalah cari counter yang lain mbak...

    ReplyDelete
  5. aku juga pernah mba, di toko yg sama juga saat beli hp sony tipo dan bernasib sama pula... saat itu langsung aku servis di servis center Sony... langsung kapok beli di toko itu Galaxy Cellular.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup tahu aja ya kak kalau Galaxy cell memang tidak bertanggung jawab

      Delete
  6. Kejaian sama prnah terjadi sama temen aku dan mreka tdk bertanggung jawab

    ReplyDelete
  7. Semoga memberi pelajaran bagi yang lainnya (bakal konsumen Galaxy) :)

    ReplyDelete
  8. joss...doa arang teraniaya pasti manjur maka doakan yg baek2 aj...toh ada imbasnya...

    ReplyDelete
  9. saya juga pernah beli barang di sana mbak, iphone 4, dari luarnya sih emang baru, msh tersegel. Setelah beberapa hari, saya cek di toko lain di Ramai Mall, ternyata itu hp second yg di buat baru, kecewa bgt sama GALAXY CELLULAR. dan lebih kecewanya sama yg nglayanin pembelian saya, minta 100rb buat beli pulsa di nomor saya utk ngisi kuota, tp ga ada pulsa masuk, esok harinya saya kesana lagi buat nanyain pulsa, tpi ga di respon. dan saya msh inget sama yg nglayanin saya namanya mas MARDA.
    Kecewa bgtttt !!!!
    berharap itu toko do tuntut aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun. lebih parah ternyata. kasus ini dimasukin surat pembaca aja Kak. biar semua orang makin tahu kalo Galaxy cell curang banget. banyak kok pengaduan tentang curangnya galaxy cell

      Delete
  10. trima kasih infonya ampun deh ke SAMSUNG CELL ....

    ReplyDelete
  11. aduuh jd takut ni mau kesana takut dicurangi juga, padahal ada niat mau ksana. ywdh dch gk jadi hehehhe maksi mbak caerita nya...

    ReplyDelete
  12. wahhh untung mb posting info ini, niatan mw gnti hp d Jogja Tronik.. hmmm jd was2 mw beli d sana berhubung d sana bnyk yg jualan, jd bingung mana yg Trust mana yg enggak. ada saran sebaiknya beli d mn mb? takut dapat supercopy/ second like new.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam!
      Kalau saya pribadi merekomendasikan membeli gadget apapun di toko yang terjamin. seperti global teleshop, oke shop, erafone, selular shop, emax, dll. Bukan di sembarang konter HP yang banyak tersebar di JogjaTronik. Toko yang saya sebutkan tadi memang harganya akan lebih mahal dibandingkan konter, tapi jaminan keaslian, klaim garansi tukar jelas pasti ada dan aman. Saya pribadi lebih baik mengeluarkan uang lebih tetapi mendapat kualitas daripada mencari yang lebih murah tapi akhirnya seperti kasus ini. Kapok! huhuhu

      Delete
    2. alamat toko diatas ada dimana saja ya? mohon informasinya.

      Delete
    3. kalau galaxy cell di jogja tronik
      kalau global teleshop, oke shop, erafone, selular shop, emax, dll ada di mall besar jogja seperti ambarukmo plaza dan malioboro mall. lebih jelas masuk saja ke website masing2 toko yang bisa dicari di google :)

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. Salam!
    Nah, di konter-konter HP seperti JogjaTronik dan ditempat lain banyak sekali HP rekondisi yaitu HP lama/bekas tapi dikemas lagi. Hati-hati ya!

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. global teleshop itu mana ya alamatnya? soalnya adik saya mau beli hp baru. kemarin juga udah ke pameran jec dan jogjatronik. tapi belum ada yang ngeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau global teleshop, oke shop, erafone, selular shop, emax, dll ada di mall besar jogja seperti ambarukmo plaza dan malioboro mall. lebih jelas masuk saja ke website masing2 toko yang bisa dicari di google :)

      Delete
  16. konter hp yg rekomended di jogja tronik apa nih sis ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  17. assalamualaikum wr.wb
    terimakasih mbk atas info berharganya bagi kami..

    saya mau tanya mbk, outlet/agen resmi pembelian samsung galaxy di daerah mana ya mbk...???
    mohon infonya mbk,,
    terimasih...

    ReplyDelete
  18. terima kasih banyak infonya mbak,, hampir saja saya yang bakal jadi korban selanjutnya,,, karena emang sudah ada niatan buat ke jogja tronik,, tapi lebih baik mahal tapi barangnya bner-bner asli dan baru daripada keliatan asli tapi second,,, hadeh,,

    ReplyDelete
  19. Thx infonya..... standar yg sdri pakai selaku konsumen (korban) sudah bnr dgn memeinta klarifikasi namun supaya diganti olh toko/penyedia mestinya sdri terus melaporkan ke polisi atau mengadu ke lembaga terkait agar si penyedia mengganti produk tsb juga jera dan ga byk lg melakukan modus2 yg sgt tdk terpuji dan merugikn byk org...

    ReplyDelete
  20. ga tau toko yg recomended apa di jogtron. tapi kalo saya sudah menghindari banget beli disana.

    ReplyDelete
  21. iya harus ditegakkan, saya jga kejadian yang sama pda kamera saya, pada saat dicoba emng sdah buram, sya kira efek flash, trnyta pas smpe rumah kameranya sdah retak, saya bsoknya langsung ksna, dan saya dislahkan mentah2 sama pelayanannya, pdhal ada bukti fotonya, dan dibandingkan yang baru,namanya tokonya "appolo" pdahal sudah trkenal tokonya, smpe iklan di koran2, tpi trnyata kya gtu sikap pelayannya, jdi hati2 klo beli barang hp ditoko besar blm menjamin dngan kualitas barang dan pelayannanya, smoga sadar dngan toko yang tak bertanggung jwab atas pelanggan gni:)

    ReplyDelete
  22. sy jg pernah mau tukar tambah disana, kondisi hp sy masih bagus nggak ada cacat atau rusak, tp pas mas nya coba cek dibawa kemana gitu nggak tau, balik2 bilang banyak yg error, kamera rusak, keypad nggak bs dipencet,dll. padahal td fine2 aja :/ sy jd penasaran ini dirusak apa gimana kan otomatis harga hp sy jd turun -_- tp yaudah sy terima diam aja toh udah diprotes ya masih gitu. Ya hati2 aja sih kl cr konter disana.

    ReplyDelete
  23. repost milik "I GEDE WISAKSONO Sartono15 February 2014 at 07:43" :
    >>Seharusnya sebelum transaksi dijadikan... kita buat perjanjian dulu mbak... terutamanya untuk semua masalah after sales service dan yang lain-lainnya... sepenuhnya adalah tanggung jawab dari counter tersebut... kalau dia tidak mau... yaaa langsung sajalah cari counter yang lain mbak...<<

    pengalaman, temen juga pernah gitu, akhirnya dia minta bantuan orang dalam (penjual counter) yang kebetulan dia temenku, akhirnya tembus, walaupun awalnya memang gak bisa. dan rekomendasi banget pokoknya jangan pernah beli handphone BB di sana.

    "Almost All Barang Rekondisi"

    ReplyDelete
  24. wahhhhhh saya jadi takut mau beli hp disana ....

    ReplyDelete
  25. wahhhhhh saya jadi takut mau beli hp disana ....

    ReplyDelete
  26. ya Allah untung aku baca postinganmu mbak, aku niatnya hari ini mau beli hp di jogjatronik tapi setelah baca gak jadi deh kesana. makasih mbak

    ReplyDelete
  27. Terima kasih mbak Maria. Saya punya rencana belikan anak saya ke toko tersebut besuk. Tapi ngeri juga baca tulisan mbak Maria. Apakah ada toko yang recommended ? Karena, permasalahan yang terjadi (HP rekondisi, atau cacat dsb) jangan jangan bukan kenakalan toko, tetapi kenakalan di tingkat yang lebih tinggi misalnya salah satu distributor atau bahkan yang lebih tinggi lagi. Kalau Toko nakal, sepertinya janggal, karena pasti akan ketahuan, mereka harus hati hati juga. Any way, selalu check and recheck.

    ReplyDelete
  28. tidak semua stand di JT begitu mbak.saya pengalaman beli LG smartphone di salah satu stand,Alhamdulillah udah makan umur 2 tahun hardware masih oke.memang sih,kita tidak bisa memastikan mana stand yg kredibel dan mana yg tidak.hanya saja masukan dari saya,lebih baik membeli barang elektronik itu lebih baik langsung ke stand resmi merk yg bersangkutan.misal mau beli samsung,ya lbh baik cari agen-agen resminya samsung.soal kualitas dan tanggung jawab mereka pasti lebih baik mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stand resmi Samsung di Jogja di mana mas? saya juga punya pengalaman nggak enak sama JT.Saya beli HP Nokia ternyata dapet HP Nokia replika tapi di jual dgn harga asli, bonus kartu perdana IM3. baru 6 bulan di pake baterai mati total, setelah di cek no.imei-nya juga nggak keluar. saya komplain pedangangnya karna masih nyimpen kwitansinya mereka nggak mau ngaku kalo HP itu palsu. setelah itu saya nggak mau lagi ke JT, dah kapok. untung HP yg saya beli cuma HP biasa, 300an ribu, jadi ruginya pun nggak banyak2 amat.

      Delete
  29. Trimakasih infonya. Klo main ke jogjatronik, jd lbh hati2. Dan sy akan slalu ingat ulasan ini utk menghindari toko Galaxy cellular.

    ReplyDelete
  30. Trimakasih infonya. Klo main ke jogjatronik, jd lbh hati2. Dan sy akan slalu ingat ulasan ini utk menghindari toko Galaxy cellular.

    ReplyDelete
  31. Trimakasih infonya. Klo main ke jogjatronik, jd lbh hati2. Dan sy akan slalu ingat ulasan ini utk menghindari toko Galaxy cellular.

    ReplyDelete
  32. terimakasih ya
    untung aku udah tau galaxy cellular tukang boong

    ReplyDelete
  33. dulu aku juga pernah tapi itu laptop pas itu key board nya yang nggak bisa di gunain

    ReplyDelete
  34. Iya dr dulu alhamdulilah udah tau klo di jogjatronik memang barang2nya "aneh bin ajaib" slama ini saya slalu blanja hp maupun gadget lain di phone market wisma hartono atau di ramai mall...alhamdulilah sjauh ini aman ...pernah skali nya ada ksalahan bs diclaim ganti baru

    ReplyDelete
  35. Aku biasa beli hp di ramai mall.keluargaku langganan di toko Asia Phonezone,selama ini hp yg aku beli baik2 saja.pernah aku baru beli hp sehari ternyata kameranya rusak,trus diganti unit yg baru.

    ReplyDelete
  36. Aku biasa beli hp di ramai mall.keluargaku langganan di toko Asia Phonezone,selama ini hp yg aku beli baik2 saja.pernah aku baru beli hp sehari ternyata kameranya rusak,trus diganti unit yg baru.

    ReplyDelete
  37. di ramai mall toko yg depan okeshop itu recomendd kakak insyallah

    ReplyDelete
  38. Mau beli itu dari rumah sudah persiapkan product knowgledge ttg produk yg mau kita beli, misal merk apa, terus tanyakan ke banyak counter..dan bandingkan dg harga di tabloid pulsa atau yg lain, setelah itu lihat tipe penjualnya, model bicaranya,..kalau sdh mantap..teliti semuanya... Dan tanya garansi..dll, pembeli harus pd menghadapi sales yg terkadang pinter ngomong..dan sebagian dibumbui dg kebohongan atau cerita fiktif, maka kalau cr hp canggih di dealer resmi atau counter yg benar benar kita percaya karene pernah pengalaman membeli produk di sana,,,, jangan lupa berdoa sebelum melakukan apa saja, termasuk mau transaksi jual beli,,,kadang pedagang nakal itu selain suka bohong juga gunakan pelarisan (klenik) yg bisa mempengaruhi konsumen.., www.pernikjogja.com

    ReplyDelete
  39. Malam mbak/mas ,tolong dong rekomendasi tempat jual hp yang aman dan terpercaya di Jogja ini .Soalnya mau ngasih hadiah ke ibu .Trima Kasih

    ReplyDelete
  40. pengalaman saya kalo kita komplain pake cara halus dan lemah lembut itu percuma aja ga bakal di tanggappin malah kita di cuekin seperti lepas tangan, jadi harus pake cara yang kasar dan keras baru mereka ngerti dan paham kalo kita konsumen merasa dirugikan :)

    ReplyDelete
  41. Wah Kejadiannya hampir sama kaya Saya mbak, pas banget hari ini, makasih mbak artikelnya, bikin saya nulis juga di blog saya tentang keluhan ditempat seperti Toko Seluler.
    Semoga tidak ada lagi yang kejebak kaya kita ya mbak.

    ReplyDelete
  42. Sama mbk saya beli laptop lenovo diJT mall juga nah itu ada dot pixel tapi yaa gitu mbk klaim garansi.nya susah minta ampunnn

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. sy buka toko hp,setau sy ga pernah ada prosedur ganti baru dr pihak distributor/pabrikkan,jika segel buka masuknya tetep ke service center.dan barang tetap diservice bkn diganti baru. ketika kita ganti baru unit tersebut mau tidak mau jadi second. untung ga seberapa tekor iya. ada" aja mb service center blng gitu.

    ReplyDelete
  45. sy buka toko hp,setau sy ga pernah ada prosedur ganti baru dr pihak distributor/pabrikkan,jika segel buka masuknya tetep ke service center.dan barang tetap diservice bkn diganti baru. ketika kita ganti baru unit tersebut mau tidak mau jadi second. untung ga seberapa tekor iya. ada" aja mb service center blng gitu.

    ReplyDelete
  46. bisa diganti baru kok mas, dulu saya pernah beli hp samsung baru dgn garansi kalau gak salah 1 bulan kalau bermasalah akan dganti hp baru, awalnya dicek di toko baik-baik saja tp stlh 2-3 hari ada masalah dgn lcd yaitu warnanya kabur. Saya kompalin ke toko dan kata mas penjaga toko disuruh tinggal dulu untuk dicek kerusaakannya atau dikonsultasikan dgn didtributor. Setelah 1-2 hari saya disms oleh toko bahwa hp saya akan ditukar dengan hp baru dan silakan segera diambil. ketika beli hp, smartphone, powerbank dll jangan lupa tanyakan tentang garansi yang akan didapat.

    ReplyDelete
  47. Sama juga dulu pernah beli hp iphone 4s di trinity jogjatronik ketipu juga, bilangnya buka segel, tp setelah dipakai, byk yg rusak termasuk speaker, sinyal sering hilang, dll, semoga bs di buat pelajaran

    ReplyDelete
  48. Baru baca artikel ini. Saya mengalami pengalaman buruk membeli hp samsung dengan hadiah powerbank di gerai selulershop di daerah kelapa gading.

    Powerbank tidak dapat digunakan pada keesokan harinya. Tidak mau dcas ataupun digunakan.

    Sedihnya saya juga membeli karena tertarik dengan bonus yang ditawarkan. Semoga tidak ada orang yang seperti saya lagi

    ReplyDelete
  49. Pernah jyga kejadian tersebut saya alami di ramai mall jogja.

    ReplyDelete
  50. penjualnya kek kotoran ayam yg coklat wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  51. ada yg tau alamat toko resmi vivo di kota jogia

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts