Hidden Paradise at Sumba (2)

(6) Rumah Budaya Sumba
Ini nih yang aku singgung di awal artikel part 1. RUMAH BUDAYA SUMBA. Sebenarnya berawal dari bingung mau kemana, trus sama Bulek Yanti disuruh lihat-lihat ke RBS cari referensi destinasi. Maklum Om Roni dan Bulek Yanti juga gak pernah kemana-mana selama di Sumba -_- Lokasinya dekat dengan Waitabula. Dari rumah paling cuma 10 menit.



(7) Air Terjun Waikelosawa(h)
Sedikit mendapat pencerahan habis dari Rumah Budaya Sumba akhirnya kita kesini. Kalau pas beruntung, bisa dapet momen ketika air terjun ini bewarna biru turquoise. Mengherankan karena setauku air yang bisa warna turqo itu cuma pantai yang pasirnya putih, tapi ini air terjun men...
Sayangnya aku gak dapet moment itu karena pas kesana lagi hujan. Tapi lumayan lah daripada lumanyun dirumah.



(8) Pantai Lupa Namanya
Aseli ini pantai tersembunyi banget. Jalannya masuk semak-semak gitu dan kelihatannya gak mungkin sebuah mobil masuk kesitu. Tapi namanya penasaran tetep aja dicoba. Pantai ini sederet dengan Mananga Aba. Masih sangat bersih dari sampah dan manusia.



(9) Waikuri Lake
ini merupakan danau air asin yang debit airnya mengikuti pasang surut air laut. Jadi semacam laguna dan airnya terjebak dalam satu lingkaran karang. Perlu diketahui obyek ini merupakan THE BEST SPOT OF MY JOURNEY IN SUMBA!!! Anjrit rasanya gak mau pulang. Berasa kolam pribadi gitu. hahaha. Lokasinya di daerah Kodi dan jauh dari kota. Saya membawa native guide Kakak Leni untuk bisa sampai ke tempat paling epic ini. CRYSTAL CLEAR WATER MEN!!





(10) Kampung Ratenggaro
Destinasi terakhir sebelum pulang. Kampung ini letaknya bener-bener dipinggir tebing hilir sungai dan dekat sekali dengan pantai. Konon ada mitos kalau ada pencuri di kampung itu dan melarikan diri dengan menceburkan diri ke hilir sungai dan sampai sekarang tidak pernah ketemu. Ada juga cerita tentang wanita cantik yang menjelma jadi gurita. Kalo yang satu ini langsung tanya ke warga setempat saja. Hehehe. Didepan kampung ini ada padang rumput yang dipenuhi kuburan gede-gede. Airnya turquoise juga. Tapi lagi2 gak dapet moment itu karena sudah terlalu sore.








Saatnya pulanggg hiks. 2 minggu pengalaman yang tak terlupakan. Tinggal didaerah yang sama sekali berbeda dengan di Jawa.
Bandara Tambolaka


KAMI HITAM DAN BAHAGIAAA!!!! :D

Comments

Popular Posts