ROAD TRIP JOGJA-SUMBA 2013

Dibilang gak nekat, ini nekat.
Dibilang nekat, ini nekat banget.
Intinya perjalanan kali ini benar-benar tak terlupakan!
Walaupun sudah hampir dua tahun yang lalu, road trip Jogja-Sumba ini selalu menjadi kebangganku. Gimana enggak, Jogja-Sumba aku tempuh naik mobil melalui jalur darat. Hanya bertiga: Aku, Pacarku Oka, dan penunjuk jalan yang tak lain adalah Om Aloy. Om Aloy masih bisa disebut bersaudara dengan Oka, tapi jauh. Jauh banget seperti Jogja-Sumba.
FULL TEAM: Oka, Om Aloy, Aku (Ria)
H-1 minggu baru aku fix ikut berangkat. Tujuan utama perjalanan ini adalah nganter mobil yang bakal kita naikin ke Sumba ke rumah Om Rony dan Bulik Yanti adik dari ayahnya Oka. Ceritanya habis beli mobil baru di Jogja dan mau dibawa ke Sumba karena harga di Jogja+ongkos kirim jauh lebih murah ketimbang beli di Kupang (di Sumba gak ada dealer mobil coy). Awalnya cuma Oka dan Om Aloy yang siap berangkat. Aku gak tega dan kepingin ikut juga sebenernya, iseng minta ijin ortu dan tertanya boleh! Sama Buleknya Oka juga malah disuruh ikut. Berangkatlah kita menuju Sumba!

Perbekalan. Emmm lebih tepatnya kulakannya Bulek Yanti.
Dari Jogja jam 18.00 menuju Solo untuk menjemput Om Aloy. Langsung lanjut otw Banyuwangi. Gak tau gimana kronologisnya tahu-tahu udah subuh aja di Banyuwangi. Maklum aku cuma tidur sepanjang perjalanan. Huahaha. Sambil nunggu kapal Ketapang-Gilimanuk, kami sarapan di warung sekitar pelabuhan. Tarif nyebrangnya dihitung permobil kira-kira 120.000.
ini dia Sang sopir dan Sang Mobil

Cukup setengah jam kami sudah sampai tanah Bali. Sudah sampai Denpasar, mampir dulu kerumah kerabat Oka, kakaknya Om Rony. Kita istirahat, bebersih, mandi, dan tentunya makan. Setelah sempat tidur sebentar dan mengisi batre hape sampai full kami melanjutkan perjalanan menuju Padang Bay untuk nyebrang ke Lombok. Sampai pelabuhan sudah senja. Masuk ke kapal hari sudah gelap. Penyebrangan kali ini memakan waktu 6 jam. Sempet trauma dengan pengalaman 4 jam di kapal feri Karimun Jawa, aku memutuskan untuk sewa matras dan nguntal antimo biar langsung tidur. Ongkos penyebrangan juga dihitung permobil yaitu 659.000. Sewa matras kalo gak salah 35.000 per orang.

Sampai tanah Lombok masih subuh banget sekitar jam 03.00 dini hari WITA. Ngopi dulu deh di warteg pelabuhan sambil ngecas henpon. Mungkin karena antimo, mata ini rasanya lengket banget gak mau dibuka. Begitu selesai ngopi, masuk mobil langsung bablas tidur lagi dan tau-tau sudah di pelabuhan sebelah timur Lombok (lupa namanya). Sampe sana subuh, Oka dan Om Aloy udah bingung nyari toilet dan foto-foto sunrise sedangkan aku masih teler di dalam mobil. Samar-samar terdengar Oka teriak memanggilku untuk menunjukkan sunrise yang ciamik, tapi aku cuma bisa melek dan merem lagi saking ngantuknya. Akhirnya mobil dimasukin ke kapal juga. Saat itulah aku baru sadar 80% dan melihat keluar jendela dannnnn................ SUNRISENYA KEREN BANGETT!

buset dah nyesel juga nguntal antimo yang bikin teler ahhahaha. Tarif nyebrangnya berapa aku lupa, tapi dihitung permobil juga.Setelah mobil terparkir manis di kapal, aku langsung menuju dek untuk menikmati sunrise. Penyebrangan cuma setengah jam seperti jawa-bali. Sepanjang nyebrang, aku tidak bisa berhenti membidikan kamera. Anjirrr! this is the best scenery and the best harbour i ever seen! Takjub banget sama kepulauan yang tersebar, kayak bukit Tubbies gitu.. Saking takjubnya tau-tau sudah sampai tanah Sumbawa Besar, yang kecil nggak tau dimana :(

Sumbawa pulaunya gede. Dari ujung barat dibagi menjadi Sumbawa Barat, Dompu, lalu Bima. Kalau naik mobil perjalanan memakan waktu kira-kira 4 jam.. Tapiiiii sepanjang perjalanan pemandangannya unforgetable banget!

mobilnya buluk
Tujuan kali ini pelabuhan Sape yang jaraknya 1,5jam dari kota Bima. Udah nyampe Sape, tapi kapal nyebrang ke sumba masih 2 hari lagi T___________T
Akhirnya kita memutuskan untuk menginap di losmen sekitar pelabuhan. Per malam cuma 50-100rb dengan fasilitas standar dan nyaman.
Bingung mau ngapain di Sape gak ada hiburan, berangkatlah kita kembali ke Bima. Di sanalah pusat semua kehidupan. Udah ada KFC lho.. Selain melihat ruwetnya lalu lintas Bima, aku menyempatkan main ke pelabuhan kota Bima yang katanya terkenal. Banyak kapal gede yang menuruttku sangat creepy. Satu lagi yang jangan dilewatkan, bekas kerusuhan di gedung pemerintahan kota Bima masih ada. Hancur lebur dan gosong. Ngeri gitu ngebayangin situasinya saat itu bagaimana. Saking selonya, semua tempat ditelusuri. Makan di pinggir pantai pun kami lakukan.

Lupa dengan runtutan peristiwa dalam rangka nunggu kapal di Sape, akhirnya waktu keberangkatanpun tiba. Situasi ketidaktersedianya kapal ke Sumba tiap hari membuat semua berebut untuk naik kapal. Jujur saja kami harus minta bantuan "orang dalam" untuk mengambilkan urutan antri. Kalau gak begitu, bisa-bisa kami nyebrangnya minggu depan. Sudah di kapal dan aku takjub, bukan karena pemandangan tapi karena kondisi kapal. Tidak ada sewa bed yang ada hanya kursi yang banyak berjajar. Penuh sesak dan kumuh. Padahal lama penyebrangan 7 jam!

Aku menemukan spot yang lumayan bersih dan selo dan kami pun menggelar koran untuk berbaring. Akhirnya kami berlabuh juga di pelabuhan Tambolaka, Sumba. Dari pelabuhan Tambolaka ke rumah Om Rony dan Bulek Yanti di Waitabula cuma 5 menit. Hahaha
Jadi lamanya perjalana  dari Jogja-Sape 3 hari. Menginap nunggu kapal 2 hari. Total 5 hari road trip Jogja-Sumba menggunakan mobil :)
Badan rasanya pegel semua dan kaku-kaku, tapi akhirnya KAMI SAMPAI DI TANAH SUMBA!!!

sunrise Tambolaka, Sumba :)