Cara Naik Pesawat (Jogja-Jakarta)

Beberapa hari yang lalu kehidupanku diributkan oleh seorang teman yang selama 29 tahun dia bernafas di muka bumi ini belum pernah naik pesawat dan dia harus naik pesawat untuk pertama kalinya, sendirian.
Baiklah.. kebetulan sekali beberapa hari kemudian setelah mendapati temanku kebingungan, aku mau ke Jakarta untuk urusan kantor. Dan karena aku baik hati, akhirnya aku memberinya live report CARA NAIK PESAWAT.

Setelah dipikir-pikir, kepanikan semacam ini sepele tapi pasti banyak juga yang mengalaminya. Maka aku memutuskan untuk membagi ilmu CARA NAIK PESAWAT ini ehehehe. Dalam tutorial ini, naik pesawatnya dari Jogja (JOG) - Adi Soetjipto International Airport ke Jakarta (HLP) - Halim Perdana Kusuma Airport.

Pesawatku Citilink berangkat jam 05.55am. Maka yang perlu diperhatikan adalah harus sampai di bandara 1 jam sebelumnya yaitu pukul 04.55am untuk keperluan Check In dan Boarding.

Kalau sudah sampai bandara, cari pintu masuk keberangkatan domestik. Kalo udah ketemu, masuk kesitu.
Siapkan: KTP dan tiket

Kalau sudah masuk, ambil jalan sebelah kanan untuk keberangkatan domestik.
PS: dibeberapa bandara seperti Soekarno-Hatta Jakarta, setelah masuk pintu keberangkatan biasanya ada security check pakai scanner gitu. Ikutin aja apa yang dilakukan orang-orang didepanmu :p

Ini dia yang namanya tempat check in. Lokasinya begitu pilih jalan kanan, nah langsung tengok kiri aja.
Siapin: KTP dan tiket.
Apa itu Check In? Pada dasarnya check in itu seperti absen. Trus pilih lajur yang mana? cocokin aja nomer penerbanganmu yang ada di tiket dengan tulisan yang ada di TV itu. Tunjukkan tiket dan KTP ke petugas yang duduk, trus kalo kamu bawa barang yang mesti masuk bagasi sekalian dikasihin ke petugasnya. Setelah check in, kita bakal nerima yang namanya BOARDING PASS.
ps: beberapa maskapai sudah menyediakan fasilitas web-check in, kalo sudah melakukan check in di website yaudah gak usah repot-repot antri disini. Pastikan saja tiket dan boarding pass-mu sudah diprint dan dibawa.  Atau kalo kamu belum ngeprint boarding pass, bisa minta diprint-in sama petugasnya, tinggal sebutin nomer penerbangan dan KTP aja.

ini yang namanya boarding pass. Sudah web-check in jadinya broarding passnya ngeprint sendiri :p
Ciri-cirinya boarding pass adalah: sudah tercantum nomer tempat dudukmu. Kalo belum ada berarti itu masih tiket yang belum di check-in kan.

Balik badan dan akan menemukan boarding gate. Kalo dulu sih lewat loket airport tax dulu, tapi sekarang pajak bandara sudah dihapuskan, jadi langsung masuk ke boarding room.
siapkan: boarding pass + KTP

Setelah Boarding pass di scan pake mesin yang kayak di kasir, langsung masuk aja ke pintu itu.

Setelah masuk, akan ada security check. Jaket dan tas harus dilewatkan mesin scanner abu2 disebelah kanan. Kalung, gelang, jam, HP, topi, dan printilan lain dimasukkan keranjang lalu dilewatkan mesin scanner juga. Setelah itu jalan ngelewatin gawang abu2 disebelah mesin.

ambil barang2mu, teliti gak usah tergesa-gesa. Jangan sampai ada yang ketinggalan.

ini dia yang namanya boarding room. Ruangan ini untuk nunggu sampai penumpang dipersilakan masuk ke pesawat.

Apa itu GATE? adalah pintu masuk untuk otw ke maskapaimu. Nah kalo di jogja, ada running teks yang menjelaskan maskapai apa yang lewat gate tersebut. Cocokin aja, kalo bingung tanya ke petugas.

Kalo sudah saatnya naik pesawat, pasti ada panggilan di pengeras suara. Lalu akan ada antrian panjang seperti ini.
siapkan: boarding pass

Keluar gate, ikuti arahan petugas untuk masuk ke pesawat. Cara gampangnya sih ikutin aja orang2 didepanmu :p

Masuk pesawat. Urut dari depan ke belakang dari seat 1, 2, 3, dst. Sebelah kanan seat A-B-C dan sebelah kiri seat D-E-F.
Kalo nomer seatmu 15 keatas, mending lewat pintu belakang (kalo dibuka).
Tas bawaan yang dibawa ke kabin maksimal 7kg dimasukkan ke bagasi diatas tempat duduk.
Setelah itu, pesawat akan mulai persiapan lepas landas dan akhirnya terbang. Disini kalian cukup duduk manis, mendengarkan instruksi pramugari, dan berdoa semoga selamat sampai tujuan. Kalau sudah mau landing, pasti akan diinformasikan lewat pengeras suara di pesawat.


Setelah landing dan turun dari pesawat, jalan ngikutin yang lain untuk masuk ke ruang kedatangan.

Setelah masuk ruangan akan menemukan rel untuk keluar bagasi. Kalo tadi pas check in kamu masukin bagasi, wajib nungguin barangmu ditempat itu. Kalo enggak ya gak usah.

Pastikan semua barang terbawa lengkap, silakan keluar dari bandara dan perjalanan naik pesawatpun selesai :)

Sebenarnya caranya gampang banget, cuma panik dan groginya aja yang kadang menghambat. Hahahaha. Aku kasih beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan kalo mau naik pesawat:
  1. Pakai baju yang nyaman.
  2. Pakai sepatu yang nyaman. Sangat tidak disarankan pakai heels atau wedges. Meennn kalian mau naik pesawat bukan fesyensow. Bandara itu layaknya terminal.
    • Terus kalo mau ada acara penting gimana? fungsinya kamu bawa tas apaan dong kalo bukan untuk membawa baju/sepatu ganti. Sampai di kota tujuan kan pasti ada WC yang bisa untuk kamu dandan dan ganti baju.
  3. Bawa jaket untuk yang gak kuat dingin.
  4. Bawaan sebisa mungkin ringkas. Akan memudahkan waktu security check. Saranku bawa 2 tas:
    • 1 tas kecil untuk barang penting seperti dompet, tiket, obat. pokoknya untuk barang yang akan sering diambil selama perjalanan.
    • 1 tas khusus bawaan seperti baju ganti, oleh2, pokoknya untuk barang yang gak mungkin diambil2 selama perjalanan.
    • tujuannya biar gak usah bongkar2 tas sampai ngeluarin semua baju ganti hanya untuk cari dompet.
  5. Perhiasan lebay gak usah dipake. kalo cuma cincin gelang kalung daily wear gpp. Ingat! Bandara itu layaknya terminal. Selain itu memudahkan biar gak usah copot2 waktu security check.
  6. Biar telinga nyaman selama take off dan landing, bawa permen atau permen karet, karena menelan atau mengunyah akan membantu mengurangi rasa "bindeng". 
  7. Intinya: SELOW AJA GAK USAH REMPONG!
Jangan takut terbang! Pesawat itu diciptakan dengan standar keamanan yang tinggi. Kecelakaan pesawat yang terjadi selama ini merupakan hal kecil yang tidak perlu dirisaukan guys.
Jangan panik! Kamu naik pesawat temennya banyak bareng penumpang lain gak cuma sendirian doang. Selain itu banyak petugas berceceran yang siap membantu. Rajin-rajin baca sign/tanda/plang/penunjuk arah yang sudah terpasang rapi disetiap sudut bandara maka kamu gak akan tersesat.

Step-by-step cara naik pesawat ini bisa diterapkan dimana saja karena kebanyakan alurnya sama dan tinggal disesuaikan saja.

Sekian live report CARA NAIK PESAWAT dari Jogja ke Jakarta. Semoga membantu dan Selamat Terbang!

Yuk bantu share ilmu CARA NAIK PESAWAT ini ke FB/g+/Twitter-mu :D

Comments

Popular Posts